Mahasiswa FISIP meraih Juara 3 Kompetisi Debat Isu Ekonomi Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta


Jatinangor (10/10) Tim debat mahasiswa FISIP Universitas Padjadjaran berhasil meraih posisi juara 3 pada Kompetisi Debat Isu Ekonomi Nasional yang diadakan oleh BEM FE Universitas Negeri Yogyakarta. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Iqbal Muhamad Sahid (Ilmu Pemerintahan 2013), Rivaldi (Ilmu Pemerintahan 2014), dan Kiagus Ahmad Rifqy (Kesejahteraan Sosial 2013).
Setelah lolos pada seleksi essay yang diikuti oleh 50 peserta dengan judul “Mengepakan Sayap pendidikan melalui pendidikan karakter menembus cakrawala Global”. Tim dari Universitas Padjadjaran menduduki peringkat ke empat dari delapan tim yang lolos masuk dalam tahap debat.
Pada saat lomba debat, tim dari Universitas Padjadjaran berhasil menempati posisi ketiga bersaing dengan tim dari Universitas-universitas ternama di Indonesia diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Bung Karno Jakarta.
Perdebatan dibagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan yang berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi UNY sesi debat dilaksanakan sebanyak tiga kali. Pada babak penyisihan pertama tim Universitas Padjadjaran bertemu dengan tim Universitas Jenderal Soedirman, babak penyisihan kedua bertemu tim Universitas Negeri Semarang, dan babak penyisihan ketiga bertemu dengan tim Universitas Bung Karno.
Tim Universitas Padjadjaran berhasil lolos ke semifinal dengan agregat Victory Point 2 bersama 3 tim lainnya yaitu Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Negeri Semarang. Setelah menempati bagan yang telah ditentukan sesuai sistem debat Asian Parlementary, tim Universitas Padjadjaran yang menempati posisi keempat papan skor kembali bertemu dengan Universitas Jenderal Soedirman yang menempati peringkat satu, kemudian berlanjut semifinal lainnya peringkat dua dan tiga berhadapan Antara Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Semarang.

Pada babak semifinal Antara Universitas Padjadjaran dan Universitas Jenderal Soedirman seperti ulangan pada babak penyisihan pertama Perdebatan diantara kedua tim berlangsung alot hingga pengumuman peserta dewan Juri memutuskan kemenangan 2-1 untuk tim Universitas Jenderal Soedirman dengan selisih poin tipis 260 dan 257. Semifinal lain nya dimenangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada dengan skor 255. Kalah dari tim Universitas Jenderal Soedirman di semifinal, tim Universitas Padjadjaran akhirnya keluar sebagai Juara 3 tanpa perlu bertanding melawan tim Universitas Negeri Semarang karena skor kemenangan babak semifinal tim Universitas Padjadjaran lebih tinggi. Juara 2 dimenangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada dan Juara 1 sekaligus juara bertahan Kompetisi Debat Isu Ekonomi Nasional adalah tim Universitas Jenderal Soedirman.

Link : Berita UNPAD 

Komentar