REVIEW SMA NEGERI DI KAB. BANDUNG BARAT

Hallo, dalam postingan ini aku mau review SMA-SMA Negeri yang ada di Kab. Bandung Barat nih untuk sementara mungkin sekolah-sekolah yang aku tahu dulu. Jadi dari semenjak aku duduk dibangku sekolah aku emang suka mapay (menelusuri) sekolah-sekolah yang ada di Kab. Bandung Barat khususnya buat nyebar undangan lomba atau ikut seminar dan sejenisnya.

Oke, pertama aku mau mengurutkan terlebih dahulu sekolah-sekolah yang menurut aku terfavorit atau bagus tapi bukan berdasarkan ranking atau passing grade, ini hanya berdasarkan perspektif aku saja.

1. SMAN 1 Cisarua
Alamat : Jl. Kolonel Masturi, Jambudipa, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
Web : www.sman1cisarua.sch.id 

Logo SMAN 1 Cisarua
Sumber : Internet
SMAN 1 Cisarua (SMANCIS) adalah SMA Negeri terbaik menurutku di Kab. Bandung Barat, hal ini didasarkan pada Prestasi siswa dan status SMANCIS yang sempat menjadi satu-satunya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Kab. Bandung Barat pada 2007-2013 lalu. Saat berkunjung ke SMANCIS, sekolahnya cukup luas, terdapat asrama karena berafiliasi dengan Bina Siswa SMA Plus Cisarua yaitu sebuah program dari Pemprov Jabar untuk siswa berprestasi dari golongan kurang mampu. SMANCIS juga sering menjadi langganan peraih medali OSN, FLS2N, dan beragam lomba lainnya terutama dibidang eksak 

2. SMAN 1 Lembang
Alamat : Jl. Maribaya No. 68, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40791
Web : www.smanegeri1lembang.com

Logo SMAN 1 Lembang
Sumber : Internet
SMAN 1 Lembang (SM1LE) adalah salah satu SMA Negeri terbaik yang dimiliki oleh Kab. Bandung Barat menurutku, SM1LE ini mungkin bisa dibilang prestasi seni nya yang paling menonjol diantara sekolah-sekolah lain. Seingatku, SM1LE pernah juara FLS2N di Tingkat Nasional bidang drama dan angklung nya akhir-akhir ini juara 2 di Kompetisi Paduan Anglung Padaeng ITB se Nasional. SM1LE juga sering berlangganan juara OSN dan eksak lainnya bersaing dengan SMANCIS. 

3. SMAN 1 Padalarang
Alamat : Jl. Perum Babakan Loa Permai, Padalarang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40553
Web : www.sman1padalarang.sch.id

Logo SMAN 1 Padalarang
Sumber : Internet
SMAN 1 Padalarang (SMA Baloper) adalah salah satu SMA Negeri yang memiliki wilayah cukup luas, SMAN 1 Padalarang ini juga termasuk sekolah terbaik di Kab. Bandung Barat karena memang secara PPDB menjadi salah satu pilihan favorit siswa SMP di Kawasan Padalarang dan sekitarnya. tidak banyak sebenarnya yang aku ketahui tentang SMAN 1 Padalarang, namun aku pernah baca satu artikel tentang SMA ini bahwa SMAN 1 Padalarang menolak kurang lebih 500 siswa yang ingin mendaftar karena kuotanya sudah terpenuhi artinya pasti ada satu prestasi tersendiri dari SMAN 1 Padalarang karena kompetisi untuk masuknya saja ketat. 


4. SMAN 1 Cililin
Alamat : Jl. Radio Cililin, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40562
Web : http://www.sman1cililin.sch.id


Logo SMAN 1 Cililin
Sumber : Internet 

SMAN 1 Cililin (SMANCIL) adalah Sekolah tertua di Kab. Bandung Barat yang berdiri sejak 1967 sehingga disebut juga sebagai SMAN 1 Bandung Barat. SMANCIL telah melahirkan banyak alumni yang tersebar diberbagai daerah dan bisa jadi sudah banyak yang sukses karena saudara-saudara ku banyak juga yang alumni dari SMANCIL, selain itu Alumni SMANCIL juga beberapa sudah ada yang lolos ke PTN Favorit di Jawa Barat seperti UPI, UNPAD, dan ITB. SMANCIL ini menurutku secara sistem pembelajaran cukup baik, karena guru-gurunya banyak yang sudah senior karena hampir sebagian besar guru-guru yang ada di SMAN 1 Batujajar adalah alumni SMANCIL. Prestasi SMANCIL terbaru adalah berhasil mengirimkan delegasi PASKIBRAKA ke tingkat Nasional pada tahun 2016. 

5. SMAN 1 Batujajar
Alamat : Jl. Selacau Batujajar, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 45061
Web : www.sman1batujajar.sch.id

Logo SMAN 1 Batujajar
Sumber : Internet
SMAN 1 Batujajar (SABA) adalah salah satu SMA Negeri baru yang ada di Kab. Bandung Barat. Resmi berdiri pada tahun 2004 yang merupakan kelas jauh SMANCIL, SABA menggeliat menjadi salah satu SMA favorit di Kab. Bandung Barat bahkan pada PPDB 2017 lalu, SABA berada di urutan ke dua Passing Grade tertinggi setelah SMANCIS. Keunggulan SABA adalah di Prestasi olahraga seperti Gulat dan Futsal yang sering membawa piala disetiap kejauaraan, bahkan Gulat pernah mengirimkan wakil sebagai atlet Sea Games. SABA memiliki lahan yang cukup luas dan mempunyai 3 lapangan utama untuk mendukung kegiatan eskul siswanya. Aku sendiri adalah alumni SABA 2013 dan sekarang sudah menjadi alumni UNPAD. Secara sistem pembelajaran, boleh aku bilang SABA masih beradaptasi mencari sitem pembelajaran terbaik karena secara akademik belum sebaik SMANCIS atau SM1LE tapi perkembangan nya semakin terlihat apalagi setelah ada siswa nya yang berhasil berkompetisi Matematika di tingkat Nasional. 


6. SMAN 2 Padalarang
Alamat : Jl. Ga Manulang Kicau, Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553
Web : www.sman2padalarang.sch.id

Logo SMAN 2 Padalarang
Sumber Internet
SMAN 2 Padalarang adalah salah satu SMA Negeri baru di Kab. Bandung Barat yang resmi berdiri pada tahun 2010. SMAN 2 Padalarang memiliki wilayah yang cukup luas dan menjadi pilihan warga Padalarang dan sekitarnya seperti SMAN 1 Padalarang. SMAN 2 Padalarang menurut ku termasuk sekolah yang pesat secara pembangunan karena kini sudah megah dengan bangunan 3 lantai. Secara prestasi akademik aku sendiri belum terlalu tau banyak tentang SMAN 2 Padalarang, namun jika berbicara soal Paskibra SMAN 2 Padalarang menjadi salah satu eskul yang sering memborong piala.

8. SMAN 1 Cikalongwetan
Alamat : Jl. Mandalasari, Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40556  
Web : www.sman1cikalongwetan.sch.id/

Logo SMAN 1 Cikalongwetan
Sumber : Internet
SMAN 1 Cikalongwetan (SMAN Cikawet) adalah salah satu sekolah yang menurutku termasuk bagus di Kab. Bandung Barat. Aku pernah mengunjungi SMAN Cikawet untuk memberikan undangan lomba, sekolahnya luas dan banyak Piala prestasi. Secara pribadi aku tidak terlalu familiar dengan SMAN Cikawet dalam kompetisi, namun secara event di Kab. Bandung Barat SMAN Cikawet termasuk sekolah yang aktif.       

9. SMAN 1 Sindangkerta
Alamat : Jl. Raya Puncaksari, Sindangkerta, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
Web : -

Logo SMAN 1 Sindangkerta
Sumber : Internet
SMAN 1 Sindangkerta adalah salah satu SMA Negeri baru di Kab. Bandung Barat. menurutku SMAN 1 Sindangkerta adalah salah satu sekolah bagus di daerah Selatan KBB, hal ini diperkuat dengan kenaikan jumlah kuota PPDB SMAN 1 Sindangkerta sebagai salah satu sekolah favorit masyarakat selatan KBB. Secara prestasi, SMAN 1 Sindangkerta pernah mengirimkan siswanya ke Singapura karena memperoleh juara 2 dan 3 Kompetisi Ilmiah.    

Sekian Review Sekolah-sekolah di kab. Bandung Barat yang aku ketahui dan menurutku bagus. semoga menjadi informasi dan menambah wawasan pembaca. Jika ada kesalahan mohon maaf, karena penilaian ini semata-mata hanya berdasarkan subjektifitas pribadi.

Komentar

Posting Komentar